Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memakai Sumpit

 

Foto oleh Nesrin Danan dari Pexels
Cara Memakai Sumpit_

Foto oleh Nesrin Danan dari Pexels


 

Halo Sobat rumahlaila.com, semoga hari ini semuanya sedang ceria dan sehat-sehat saja ya. Kali ini rumahlaila.com akan menulis tentang "Cara Memakai Sumpit yang Baik dan Benar".

Kenapa rumahlaila.com ingin menuliskan tentang hal ini? Karena mungkin saja masih ada orang yang bertanya-tanya, bagaimana sih sebenarnya cara memakai sumpit yang baik dan benar.

Bagi Sobat rumahlaila.com yang selama ini menggemari makanan China, Jepang ataupun Korean Food pasti sudah akrab dengan jenis barang yang satu ini, "Sumpit" namanya, tentu sudah tidak asing lagi dan sudah terbiasa menggunakannya kan?

Begitupun dengan Sobat sekalian yang selama ini telah menjadikan jenis makanan seperti mie ayam dan lainnya sebagai menu kuliner favoritnya.

 

Bahan untuk membuat Sumpit

Peralatan untuk makan yang biasanya dipergunakan oleh masyarakat Asia Timur tersebut memang memiliki beberapa variasi dari bahan pembuatannya.

Umumnya sumpit terbuat dari kayu, namun sesuai perkembangan jaman, saat ini sumpit juga ada yang terbuat dari plastik dan umumnya sekali pakai, hingga sumpit yang terbuat dari berbahan logam.

 

Sejarah Sumpit dan Ragam Jenisnya

Seperti dikutip dari laman nationalgeographic.co.id, ternyata sumpit ini memang berasal dari China, makanya tidak perlu heran kenapa kebanyakan makanan khas China itu terbuat dari mie.

Sebelum Masehi atau sekitar 5000 tahun lalu, tepatnya di zaman Neolitik ternyata sumpit ini telah ada.

Selanjutnya, cara penggunaan  sumpit ini menyebar luas di daratan China  dan digunakan dalam jamuan makan sehari-hari.

Sekira abad ke-7, peralatan untuk makan ini mulai dipergunakan oleh penduduk Jepang. Hingga tak lama kemudian, cara makan dengan mempergunakan sumpit ini tiba di daratan Korea dan mulai dipergunakan oleh masyarakat disana.

Walaupun tadi kita sudah mengetahui bahwa penggunaan sumpit ini awal mulanya berasal dari China, ternyata sumpit yang dipergunakan oleh masyarakat China, Korea, dan Jepang ini memiliki perbedaan baik dari bentuk dan cara penggunaannya.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa perbedaan sumpit yang ada di beberapa negara.

 

1. Sumpit China

Di China, alat makanan yang satu ini di sebut dengan kuazi oleh masyarakatnya. Bentuknya panjang serta ujungnya dibuat tumpul.

Pada awalnya sumpit yang dipergunakan oleh masyarakat China ini terbuat dari bambu. Tetapi belakangan ini, sesuai perkembangan zaman, sumpit yang terbuat dari bahan melamin populer dikalangan masyarakat sana, alasannya adalah karena mudah dibersihkan dan bisa dipakai kembali, lebih hemat ya.

2. Sumpit Korea

Meskipun pada awalnya berasa dari negara China, namun ketika sudah sampai di daratan Korea, terdapat satu ciri khas sumpit yang di Korea memiliki jeotgarak, perbedaan yang paling mencolok adalah dar bahannya yang terbuat dari logam.

Di masa lalu, tepatnya di masa jaman kerajaan, sumpit di Korea terbuat dari bahan emas, perak, dan kuningan, sumpit-sumpit yang terbuat dari bahan-bahan ini biasanya dipakai oleh kalangan bangsawan.

Jika di masa kerajaan sumpit-sumpit di korea terbuat dari bahan emas, perak, dan kuningan, maka di masa kini sumpit di Korea biasanya terbuat dari bahan stainless steel dan dilengkapi sendok bulat dari logam pula, mungkin karena barang-barang itu lebih murah dibandingkan dengan yang terbuat dari bahan emas, perak, dan kuningan

 

3. Sumpit Jepang

Jika di negara asalnya rata-rata sumpit terbuat dari bamboo dan di Korea terbuat dari bahan emas, perak, dan kuningan, maka ketika sampai di Jepang memiliki ciri khas yang beda pula, jika dibandingkan dengan kedua negara di atas, maka sumpit Jepang ternyata memiliki ukuran yang paling pendek.

Salah satu alasannya kenapa sumpit yang biasa dipakai oleh Jepang lebih pendek adalah; karena orang Jepang terbiasa makan begitu dekat dengan mangkuk, sehingga oleh masyarakat Jepang akhirnya di sesuaikan dengan bentuk yang mereka butuhkan, di negara Jepang, bentuk ujung sumpit dibuat meruncing dan berbentuk bulat.

Selain itu karena orang Jepang terkenal gemar menyukai kuliner yang terbuat dari ikan, maka bentuk sumpitnya pun mereka sesuaikan, salah satunya adalah dengan cara membuat bentuk sumpit meruncing, tujuannya adalah untuk memudahkan ketika mengambil tulang ikan.

 

Cara Memakai Sumpit

Setelah tadi kita membahas tentang sejarah sumpit dan lain sebagainya, saatnya kita kembali ke topik pembahasan utama, yaitu cara memakai sumpit. Untuk mempergunakan peralatan makan yang satu ini maka Sobat rumahlaila.com bisa mengikuti beberapa Langkah-langkah berikut ini, seperti yang rumahlaila.com kutip dari berbagai sumber.

Berikut ini adalah cara memegang sumpit yang paling sederhana:

 

Pertama, silahkan taruh satu sumpit di antara jari telunjuk dan jempol, cobalah untuk menyeimbankangnya di jari manis.

Kedua,selanjutnya letakan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan jempol, taruh di jari tengah.

Ketiga, selanjutnya pegang sumpit kedua dengan kuat menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah.

Keempat, jadi sebenarnya fungsi telunjuk dan jari tengah adalah untuk menggerakkan sumpit. Jadi pakailah jari telunjuk dan jari tengah untuk mengambil makanan.

 

Selain cara-cara di atas, sobat sekalian juga bisa memegang sumpit layaknya memegang pensil. Caranya silahkan taruh di atas jari tengah, kemudian, selipkan sumpit kedua di sela-sela jempol dengan jari telunjuk dan letakkan di atas jari manis.

Begitulah kira-kira cara memakai sumpit dengan benar, selamat mencoba ya.

 

Bahan bacaan; 1,2

4 komentar untuk "Cara Memakai Sumpit"

  1. 👍👍 trims pa , smga bermanfaat ..😊🙏

    BalasHapus
  2. Ternyata Mba Laila hebat menulis salut aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aah ..mbak ester bisa aja ,jdi malu saya , orang saya baru belajar nulis ..😊🤭🙏

      Hapus