Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng

 

Beberapa Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng

Ilustrasi tumis kangkung hotplate ala restoran chinese food. (SHUTTERSTOCK/ George Martinus)



Harga minyak goreng kemasan memang sudah mulai turun di beberapa daerah setelah sempat melonjak tinggi beberapa waktu. Minyak goreng memang bisa di bilang sudah termasuk ke dalam salah satu kebutuhan pokok rumah tangga, sebab, minyak goreng memang salah satu bahan yang paling sering dipergunakan untuk mengolah bahan makanan.

Seperti yang rumahlaila.com kutip dari Kompas.com, ada beberapa cara memasak tanpa menggunakan minyak goreng seperti dengan cara di tumis, di kukus dan di panggang

Memang mengolah makanan dengan cara digoreng bagi beberapa orang adalah metode memasak makanan yang prosesnya dianggap lebih mudah dan lebih cepat, karena dengan cara menggoreng ini rasa yang dihasilkan terasa lebih gurih, maka tak heran kebanyakan orang lebih suka mengolah bahan makanan dengan cara mempergunakan minyak goreng.

Lantas, jika melihat kondisi minyak goreng yang beberapa waktu lalu harganya sempat melonjak tinggi, apakah ibu-ibu harus berhenti untuk mengolah makanan? Harga minyak goreng melambung tinggi dan kehidupan ini tetap harus berjalan, salah satunya dengan cara tetap mengolah makanan.

Untuk menyiasati keadaan ini tentu tidak ada salahnya kita mencari alternatif lain, dan berikut ini adalah beberapa metode yang bisa dilakukan untuk tetap mengolah bahan makanan tanpa mempergunakan minyak goreng.

 

Cara memasak tanpa menggoreng

Berikut ini adalah beberapa cara yang lebih sehat untuk memasak makanan kita tanpa harus menggunakan minyak goreng. Cara ini diyakini lebih sehat karena sedikit bebas lemak namun tetap memiliki cita rasa yang lezat.

Tumis

Salah satu cara lain yang bisa dicoba adalah dengan cara mengukus, mengolah makanan dengan cara mengukus juga bisa tetap membuat masakan menjadi gurih, sebab untuk mendapatkan rasa gurih pada makanan tidak selalu harus digoreng.

Menumis makanan hanya membutuhkan sedikit minyak atau cairan lain seperti kaldu atau air dan beberapa bumbu lainnya. Cara ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis makanan seperti sayuran hijau, jamur, paprika, dan tahu.

Dengan menumis makanan, selain cepat dan mudah, nutrisi dan kesegaran makanan juga bisa tetap utuh terjaga.

 

Dikukus

Cara mengolah bahan makanan selanjutnya adalah dengan cara dikukus, memasak dengan cara mengukus ini dipercaya memiliki keunggulan dari segi kesehatan. Kenapa begitu? Makanan yang dikukus identik dengan orang-orang yang sedang melakukan diet atau sedang sakit.

Apakah makanan yang dikukus itu hanya diperuntukan bagi orang-orang yang sedang melakukan diet saja? Mengukus makanan sebenarnya tidak mengurangi kelezatan dari bahan olahan. Dengan cara mengukus sayuran, maka kita akan mendapatan beberapa manfaat seperti, sayuran terasa lebih empuk, cerah, beraroma dan juga mampu mempertahankan Sebagian nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Jadi, dengan kombinasi bumbu yang tepat, makanan yang di kukus tidak akan lagi terasa hambar atau membosankan.

 

Dipanggang

Mengolah bahan masakan seperti daging dan ikan, mempergunakan cara memasukannya ke dalam minyak goreng yang mendidih adalah cara yang paling mudah dan cepat, tetapi ketika dalam suasana kelangkaan bahan baku untuk menggoreng ini, maka tidak ada salahnya kita mencoba cara lain untuk mengolahnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara memanggangnya. Sebenarnya tidak terlalu beda jauh dengan cara menggoreng, memasak dengan cara dipanggang juga prosesnya tidak terlalu lama dan bahkan salah satu keunggulan mengolah bahan makanan dengan cara dipanggang ini adalah cita rasanya yang lebih orisinal.

Apakah cara memanggang makanan ini hanya bisa dipakai untuk mengolah makanan berbahan daging dan ikan saja? Tidak juga, sebab sayuran yang dipanggang juga terasa lebih manis dan renyah.

Bahan olahan untuk membuat makanan seperti tahu, tempe dan daging sebenarnya akan terasa lebih lezat dan lebih sehat dengan cara di panggang. Caranya adalah, silahkan rendam masakan yang akan dipanggang dalam bumbu selama 30 menit sebelum dipanggang. 

 

Itulah beberapa cara mengolah bahan makanan tanpa mempergunakan minyak goreng, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya. Salam.

2 komentar untuk "Beberapa Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng"

  1. Siip ..👍👍, trims artikel nya semoga bermanfaat bagi pembaca ..😊đŸĨ°

    BalasHapus